4 cara menghindari asumsi desain gratis

Buatin saya desain dong, tapi gratis ya. PLAKK!!

Bisa jadi jika Anda mengalami kondisi ini akan merasa kesal. Dan tentu tidak banyak yang mau dimintai desain secara gratis. Nah, saya akan berikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghindari asumsi bahwa desain Anda bisa dimintai murah/gratis. Yang berguna bagi Anda desainer pemula.

Tapi, pernahkah kita berpikir terlebih dahulu sebelum kesal saat menanggapi kondisi ini. Yaitu apa sih yang menjadi penyebabnya kenapa mereka menganggap sebuah desain itu dinilai gratis. Ada banyak hal, namun setidaknya 4 hal ini lah yang bisa Anda antisipasi terlebih dahulu.

Publikasi di tempat yang tepat

Dimana tempat Anda mengumpulkan dan mempublikasi karya?

Apakah itu instagram, album facebook, atau website khusus portofolio, pada dasarnya memiliki sebuah kesamaan. Yaitu, semua media itu memiliki audiens yang beragam. Apa maksudnya publikasi yang tepat, adalah sesuaikan dengan keinginan Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah memilih siapa audiensnya. Ya, betul. Anda harus menentukan sendiri siapa yang melihat karya Anda. salah satu alasan seseorang meminta murah/gratis adalah karena gambar kita berkeliaran di tempat yang tidak seharusnya. Yaitu di tempat mereka yang belum terbiasa membeli.

Kita asumsikan sebuah karya memiliki nilai yang setara dengan sebuah rumah/properti. Apakah mungkin sebuah rumah diobral dan dipasarkan begitu saja, tanpa memilih tempat yang sesuai dengan harganya? Jelas tidak bukan. Sebuah rumah yang bernilai akan ditawarkan dengan cara yang elegan, melalui galeri marketing, brosur yang menarik, dan seorang sales yang akan memandu calon pembeli. Kepada siapa? Jelas kepada orang yang punya niat dan kebutuhan untuk membeli sebuah rumah. Begitu juga dengan gambar Anda.

Jika gambar kita tidak dikelompokkan dan disebarkan pada orang yang tepat, maka nantinya orang yang tertarik dengan karya kita tentu bukan orang yang tepat. Anda bisa mengelompokkan karya dengan menggunakan hashtag (#) atau keyword yang sesuai dengan tema dan calon pembeli karya kita.

Bagikan saran bermanfaat

Terkadang sebelum seseorang benar-benar meminta sebuah desain murah/gratis kepada desainer. Bisa jadi ada suatu masalah yang sebenarnya bisa selesai hanya dengan saran dan konsultasi yang kita berikan.

Bagaimana cara mengetahuinya, adalah dengan berkomunikasi. Tanyakan apa yang yang menjadi masalahnya. Berikan saran terkait desain jika masalahnya bisa Anda selesaikan. Atau sarankan bantuan lain. Setidaknya Anda memberikan bantuan selain jasa desain Anda.

Jangan terbawa emosi, sebagai desainer Anda harus tenang dan tidak terbawa suasana agar tidak capek menanggapi orang yang seperti itu.

Tampilkan dengan format yang baik

Kita ambil ilustrasi rumah/properti yang tadi. Jika rumah saja disajikan dengan tampilan yang menarik di tempat yang mendukung, maka begitu juga dengan gambar Anda. Anda bisa gunakan format layout yang baik dan mendukung desain yang Anda buat.

Dimana Anda bisa pelajari layout desain, Anda bisa melihat dari galeri desainer lain atau website kolase seperti pinterest atau google images. Yang terpenting adalah sesuaikan tema desain Anda dengan layout yang sesuai agar terhindar dari kesan desain murahan.

Tahan diri

Saya selalu tidak tahan ketika melihat desain yang tidak sesuai atau kurang tepat. Bisa jadi Anda juga merasakan hal yang sama. Nah, pada bagian inilah celah seseorang bisa menganggap bahwa jasa desain kita gratis untuk mereka. Jika dilakukan berulang-ulang dan sampai selesai. Untuk menghindarinya kita harus benar-benar bisa menahan diri untuk tidak terlalu jauh ikut campur. Apa lagi sampai masuk ke bantuan teknis.

Karena jika orang yang dibantu adalah tipe orang yang kurang baik, takutnya terjadi ketergantungan dengan desain yang bersifat gratis.

Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan. Namun, jika Anda adalah tipe desainer yang menjunjung nilai-nilai sosial tanpa mempedulikan diri sendiri, abaikan saran saya di atas. Saran saya di atas adalah untuk teman-teman yang ingin terbebas dari kondisi dianggap gratis.

Semoga bermanfaat

Check Also

Jangan pakai jasa desainer grafis sebelum punya ini

Dalam berbisnis atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan desain, perlu Anda pahami beberapa hal, terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *