5 gadget yang dibutuhkan setiap desainer

5 gadget yang dibutuhkan setiap desainer

Menurut phillip van dusen, berikut ini adalah beberapa perangkat keras yang bisa Anda pakai dalam bekerja sebagai desainer grafis. Kata beliau beberapa gadget ini memiliki peran penting bagi kelangsungan kerja seorang desainer grafis.

Semua gadget tidak akan spesifik saya sebutkan merk nya, Anda bisa cari sendiri merk yang terjangkau untuk Anda. saya hanya akan jelaskan fungsi utama yang menjadi poin penting mengapa phillip van dusen menyarankan menggunakan gadget tersebut. Jadi jangan takut dulu ya, hehehe. Anda bisa cari alternative perangkat yang lebih murah, asal sudah tau fungsi serta manfaatnya dari membaca artikel yang saya tulis berikut ini. Baik langsung saja, tanpa berlama-lama.

5 Gadget Utama

Wacom tablet

Menurut beliau, seorang desainer akan memiliki masalah jika terus-terusan menggunakan mouse. Penggunaan perangkat ini, memungkinkan Anda untuk berkreasi seolah menggunakan pensil dan kertas pada monitor Anda. Kelebihan lain perangkat ini juga akan memberikan variasi Anda dalam mendesain. Misal dalam pembuatan sketsa, atau membuat desain yang bergaya handwrite.

Selain itu, jika Anda adalah seorang yang yang fokus pada pembuatan desain handwrite seperti letter dan doodle, menggunakan perangkat ini akan lebih mempercepat Anda dalam proses pembuatan. Lebih cepat dibandingkan membuat sebuah desain handwrite menggunakan mouse.

Vertical mouse

Terkadang sebagai desainer kita sering bekerja jauh lebih lama daripada waktu kerja normal, yaitu 8 jam sehari. Dan seringnya memberikan dampak yang kurang baik bagi otot tangan kita, efeknya tangan menjadi pegal. Dan ini berdampak pada kerja kita di hari berikutnya. Untuk itu phillip van dusen menyarankan kita untuk memiliki vertical mouse sebagai variasi dari mouse yang biasa kita pakai dalam bekerja.

Selain memberikan variasi kerja Anda, perangkat ini akan membuat otot lengan bawah Anda tetap lurus saat bekerja. Sehingga mengurangi resiko cedera atau nyeri otot kedepannya.

Harddisk external

Phillip van dusen berpendapat, selain kita menggunakan cloud storage ada baiknya kita juga memiliki sebuah data penyimpanan sendiri. Yang beliau pakai adalah sebuah perangkat yang berisi 4 buah harddisk external dengan kapasitas masing-masing 2 TB sebagai tempat menyimpan cadangan lainnya.

Untuk Anda yang belum memiliki anggaran khusus untuk membeli perangkat seperti beliau, bisa dengan membeli perangkat serupa denga kapasitas yang lebih kecil. Dan tentunya lebih terjangkau untuk Anda dapatkan dengan segera. Membeli storage cadangan sangat diperlukan karena kerap kali data desain hilang karena hal yang tidak bisa diprediksi.

Headphone

Beberapa desainer grafis punya caranya sendiri dalam bekerja. Misal ada yang tahan dengan riuhnya suasana banyak orang atau ada yang membutuhkan kesunyian dalam bekerja. Baik bekerja di rumah atau di luar, headphone bisa dipakai untuk membangun ruang Anda sendiri. Terlebih bagi Anda yang terbiasa fokus bekerja dalam suasana yang hening. Jika Anda senang music, Anda bisa memutar dan mendengarkannya melalui headphone.

Anda bisa mencari headphone yang cocok dengan Anda, atau jika Anda belum memiliki alokasi dana, membeli earphone bisa menjadi alternative. Untuk Anda yang justru tidak fokus jika bekerja sambil mendengarkan music, Anda bisa memutar suara lain seperti hujan, ombak atau api unggun. Atau bahkan murotal Al-Qur’an.

DSLR kamera

Terkadang dalam mendesain, desainer dihadapkan dengan kebutuhan mendesain dengan bahan foto atau video. Adanya website penyedia stock desain seperti shutterstock, adobe stock bisa menjadi alternative. Namun tidak jarang ada beberapa kategori original khas yang tidak bisa kita dapatkan pada website tersebut.

Memiliki DSLR kamera pribadi bisa menjadi solusi. Fleksibel dan bisa dipakai untuk membuat video, sesuai kebutuhan kerja desain Anda. namun, jika Anda belum memiliki anggaran, Anda bisa meminjam pada teman seprofesi Anda sebagai desainer.

Bonus 2 Gadget

Ipad + stylus

Selain tablet Anda juga bisa menggunakan perangkat ini untuk mendesain. Jika tablet harus dihubungkan dengan computer. Maka ipad dan stylus memungkinkan Anda mendesain dari mana saja dan tanpa harus terikat dengan computer. Ini penting sekali jika Anda merupakan desainer grafis yang terbiasa mencari inspirasi di luar ruangan. Sehingga tidak perlu khawatir kehilangan ide yang cemerlang.

Monitor LED

Monitor jaman sekarang jauh lebih canggih dibandingkan monitor beberapa dekade lalu. Selain memiliki kemampuan menampilkan warna yang jauh lebih baik, beberapa monitor mampu berintegrasi dengan gadget yang Anda pegang saat ini.tentu membuat pekerjaan Anda semakin mudah dimobilisasi, sehingga tidak akan ada penggunaan waktu yang tidak termanfaatkan dengan baik. misal Anda mendesain saat menunggu kendaraan umum datang, dan saat mendesain di dalam perjalan pulang. Begitu sampai di rumah, Anda tinggal melanjutkan kembali desain tersebut. Menarik bukan?

***

Itu lah beberapa gadget yang layak Anda miliki, beberapa memiliki harga yang fantastis. Saya sengaja tidak mencantumkan nama dan harganya, agar Anda bisa mencari produk serupa yang lebih murah. Namun dengan fungsi dan kegunaan yang sama. Dan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga tulisan saya bermanfaat untuk Anda.

Reza Pahlevi

Check Also

Print on demand, wajah baru bisnis konveksi

Mengusung tema ‘bisa cetak satuan’ mendorong banyak pelaku bisnis untuk mulai beralih ke model bisnis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *