Alat Sablon Kaos

alat sablon kaos

Dunia bisnis adalah dunia yang selalu menampilkan cerita kreatif baru dan tentunya juga penghasil pundi rupiah bagi sang pelaku. Salah satu bisnis menjanjikan yang ada hingga kini yaitu bisnis sablon seperti sablon pakaian hingga sablon bendera dan sebagainya. Bila Anda termasuk orang yang ingin membuka sebuah usaha penyablonan, hal pertama yang perlu diketahui pastinya terkait alat yang dipakai. Seperti alat sablon kaos.

Daftar alat sablon kaos

Beberapa perlengkapan yang perlu dimiliki oleh para pemula, mudah didapatkan di toko yang menyediakan dengan harga beragam. Alat yang diperlukan ialah sebagai berikut :

 

  1. Layar atau Screen

Alat yang satu ini menjadi alat paling penting yang wajib ada saat memulai bisnis sablon kaos karena fungsinya yang penting. Ia adalah media dimana tinta akan ditempelkan pada objek sablon yang mana berupa kaos atau objek yang lain. Layar sablon memiliki ukuran beraneka ragam misalnya 20 x 30 cm dan 30 x 40 cm.

 

  1. Tinta sablon

Alat yang kedua yang harus disiapkan yaitu tinta yang digunakan untuk menyablon objek, alat ini punya banyak jenis. Beberapa jenis tinta sablon diantaranya tinta rubber, super white dan tinta timbul serta tinta transparan, semua dijual dengan harga berbeda. Jenis tinta yang paling banyak digunakan oleh usaha sablon kaos yaitu tinta rubber yang punya banyak warna.

 

  1. Hotgun atau pengering

Hotgun adalah sebuah alat yang memiliki tampilan fisik seperti hairdyer dan punya kegunaan yang hampir sama pula. Bila hairdyer dipakai untuk mengeringkan rambut, hotgun dipakai untuk mengeringkan hasil cetakan kaos agar warna tetap sempurna. Sedangkan untuk pemakaian alat hotgun yang mirip hairdyer ini yaitu sebelum kaos masuk ke alat mesin press.

 

  1. Rakel

Macam macam alat sablon kaos yang keempat yaitu bernama rakel dengan guna untuk menekan penempelan tinta. Rakel berfungsi sebagai alat penunjang yang kemudian menekan tinta agar menempel sempurna pada objek yaitu kaos. Alat ini termasuk ke dalam alat yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha sablon kaos agar hasilnya tidak mengecewakan pembeli.

 

  1. Papan sablon (meja banting)

Alat kelima yaitu papan sablon yang juga kerap disebut dengan meja banting dengan sistem kerja sama dengan meja rel. Papan sablon memiliki ukuran yang bervariasi misalnya 45 x 65 cm dan biasanya sudah terpasang besi siku. Besi ini berguna untuk meletakkan knok besi dan papan sablon menjadi alat penting yang harus dimiliki pemula.

 

Tips setelah memiliki alat sablon kaos

Selain beberapa alat sablon kaos di atas, sebelum memulai bisnis tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tips memulai dan mengembangkan bisnis sablon kaos akan dijabarkan selengkapnya di bawah ini:

  1. Pikirkan konsep dagang

Langkah awal yang wajib Anda lakukan yaitu memikirkan bagaimana konsep yang akan Anda lakukan saat mulai berbisnis. Konsep ini meliputi tempat yang akan dijadikan lokasi pembuatan kaos, harga yang dipatok dan bahan apa yang digunakan. Anda juga harus mempunyai target yang harus dicapai untuk setiap jangka waktu tertentu agar bisnis berjalan maju.

  1. Promosi

Tips nomor dua wajib dilakukan untuk pemula maupun untuk usaha sablon yang sudah maju karena melalui promosi orang akan tahu. Zaman sekarang, promosi online dinilai lebih efektif menarik pembeli daripada penyebaran brosur atau pamflet  yang dirasa ketinggalan zaman. Namun, promosi melalui brosur tetap dapat dilakukan apabila punya waktu yang luang.

 

Memulai usaha itu tidak sulit, seandainya tidak mampu membeli alat sablon kaos, teman-teman bisa menyewa atau meminjam dari sesame pengusaha sablon pakaian. Dan yang pasti untuk nantinya di beli. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Check Also

Jenis Bahan Kain

Gaya berbusana tiap tahun terus berubah mulai dari pakaian biasa hingga pakaian yang dianggap berani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *