Bahan Kaos Terbaik

bahan kaos terbaik

Pakaian terutama kaos nampaknya menjadi favorit banyak orang karena modelnya yang sederhana dan nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas. Namun, tingkat kenyamanan saat memakai kaos tentunya tergantung dari bahan kaos yang digunakan dan cuaca juga memberi pengaruh tersendiri. Bila Anda termasuk konsumen atau penjual sandang, ketahuilah pembahasan bahan kaos terbaik di bawah ini

Bahan kaos terbaik

Perlu diingat sebelum membeli atau menjual kaos, Anda wajib memahami jenis kain yang digunakan dalam pembuatan sebuah kaos.

 

  1. Cotton Combed

Bahan kaos yang bernama cotton combed dinobatkan sebagai bahan terbaik karena kainnya yang lebih halus dan rata dibanding yang lain. Ia memiliki beberapa macam yaitu 20s, 24s dan 30s serta angka seterusnya yang mana semakin besar angka semakin baik kualitasnya. Semakin baik kualitasnya maka harganya pun akan semakin tinggi sesuai dengan keunggulannya.

Cotton combed termasuk kain dengan harga yang tinggi bila dibandingkan dengan kain yang lain karena ia punya beberapa keunggulan, yaitu:

  1. Daya serap tinggi, hal ini untuk mengurangi terserapnya keringat ke pakaian
  2. Nyaman dipakai
  3. Tidak menimbulkan rasa panas atau gerah
  4. Tidak mudah kendor
  5. Tidak mudah luntur.

 

  1. Cotton carded

Sama halnya dengan kain nomor sebelumnya, cotton carded juga memiliki macam dengan nama memakai angka diikuti huruf s. Kain ini mempunyai bahan utama yaitu serat alami dari kapas yang akan memberikan rasa nyaman kepada pemakainya. Kekurangan dari kain cotton carded ialah permukaannya yang kurang halus dan kurang rata, namun harganya cukup bersahabat.

 

  1. Poliester atau PE

Poliester merupakan suatu sintesis dari alam yang dapat diolah menjadi suatu kain untuk bahan pembuatan kaos, namun kurang menyerap keringat.

Next

 

  1. Teteron cotton atau TC

Bahan kaos terbaik yang keempat yaitu TC, kain ini adalah gabungan dari cotton combed dan polieseter dengan perbandingan 35:65. Kain ini mempunyai daya serap yang cukup, namun bila dipakai sedikit panas di badan apalagi bila cuaca terik. Namun, keunggulan yang dimiliki yaitu kain TC tidak mudah kendor dan susut sehingga terbilang awet dan harganya miring.

 

  1. Viscose

Kain viscose merupakan kain yang berasal dari serat sintesis atau serat yang tidak alami, namun punya kualitas yang baik. Kain ini sengaja dibuat oleh manusia untuk mendapat kain dengan warna yang cerah dan memberi rasa nyaman apabila dipakai. Kain jenis viscose punya kelebihan yaitu tahan terhadap suasana yang lembab dan warnanya lebih cemerlang serta lembut.

 

  1. Cotton viscose atau CVC

Seperti namanya, kain jenis ini merupakan gabungan dari kain cotton combed dan viscose yang berbanding 55:45 persen. Karena cotton lebih dominan pada kain menimbulkan CVC punya keunggulan seperti daya serap yang tinggi dan tidak mudah kendur. Apabila kaos berbahan kain CVC kerap dicuci tidak akan mudah menyusut bahkan terbilang cukup awet.

 

Tips mengetahui bahan kaos terbaik

Selain bahan kaos terbaik yang telah dijelaskan di atas, di bawah ini dijabarkan mengenai cara mengetahui bahan dari kaos. Cara pertama yaitu dengan merabanya dan rasakan kain kasar atau lembut dan rata atau tidak. Cara yang kedua di bawah ini dapat dilakukan dengan dibakar, yaitu:

  1. Kain cotton atau katun : apabila kain dibakar nyala api yang dihasilkan cukup lambat dan abu sisa pembakaran seperti membakar kertas.

 

  1. Kain Poliester atau PE : apabila kain dibakar nyala api yang dihasilkan cukup cepat dan abu sisa pembakaran seperti membakar plasik.

 

  1. Kain teteron cotton TC : apabila dikabar akan menghasilkan abu sisa pembakaran seperti arang.

 

Memang tidak mudah menemukan bahan kaos terbaik saat ini. Mengingat perkembangan teknologi tekstil yang semakin maju. Mampu mengaburkan indra perasa kita, namun dengan Anda membaca kembali artikel di atas hal itu bisa diatasi.

Check Also

Jenis Bahan Kain

Gaya berbusana tiap tahun terus berubah mulai dari pakaian biasa hingga pakaian yang dianggap berani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *