Bahan Polo Shirt

bahan polo shirt

Polo shirt umumnya adalah suatu pakaian berkerah dengan kancing di atas dada dan biasanya memiliki lengan yang berukuran pendek. Namun, ada juga jenis polo shirt yang berlengan panjang, itu semua tergantung pabrik yang membuat dan kebutuhan konsumen. Pakaian yang satu ini kerap dipakai untuk acara yang tingkatannya di bawah formal atau justru terkesan santai. Meskipun memiliki nama kaos polo, bahan polo shirt berbeda dengan kaos pada umumnya.

Hadir dengan desain yang sederhana, namun tetap elegan sehingga polo shirt laris di pasaran terutama bagi kaum adam. Bahan polo shirt juga beraneka ragam, walau pakaian polo shirt ini paling dikenal berbahan lacoste atau pique. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beragam bahan dari polo shirt, simaklah pembahasannya di bawah ini:

Bahan polo shirt

  1. Lacoste

Tak banyak diketahui bahwa lacoste adalah nama perusahaan yang ada di Perancis, namun karena banyak digunakan ia dijadikan bahan pakaian. Lacoste memiliki tekstur kain yang berpori dan kain jenis ini paling banyak dipakai untuk pembuatan polo shirt. Hal ini karena lacoste punya kualitas yang paling baik tentunya harganya juga tinggi, jenis lacoste, yaitu:

 

  • Lacoste Katun

Jenis ini mempunyai tekstur berpori di kedua permukaan yaitu luar dan dalam dan agak kasar, namun paling banyak digunakan.

  • Lacoste pique

Lacoste pique mempunyai sifat hampir sama dengan katun, namun pori hanya ada pada bagian luar saja, dalamnya tidak. Ia memiliki kelebihan lebih nyaman dan menyerap keringat serta lebih halus, harga tetap sama dengan lacoste katun.

  • Lacoste poliester (PE)

Lacoste PE merupakan lacoste dengan harga paling murah dibanding yang lain, namun kualitasnya pun paling rendah.

 

  1. Cotton

Bahan polo shirt yang kedua yaitu cotton atau katun, ia menjadi kain andalan usaha konveksi karena kualitasnya. Katun mempunyai dua jenis yaitu katun combed dan katun carded dengan pembedanya yaitu combed lebih halus dan rata.

 

  • Katun combed

Katun combed dibuat dengan 100 persen kapas alami sehingga teksturnya rata dan halus serta tidak begitu tebal. Ia juga memiliki daya serap keringat yang tinggi dan tidak terasa panas apabila dipakai di berbagai cuaca.  Katun combed dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding carded dan dibedakan menjadi beberapa tipe seperti 20s, 24s, dan 30s.

  • Katun carded

Carded adalah kebalikan dari combed yang punya tekstur lebih kasar dan kurang rata serta lebih tebal. Katun carded memiliki daya serap keringat yang lebih rendah dan terasa lebih panas apabila dikenakan, namun harganya lebih miring.

Next

 

  1. Viscose

Kain viscose terbuat dari serat sintesis buatan manusia tepatnya dari serat kayu sejenis kayu pinus yang bernama Eucalyptus. Viscose memang jarang dipakai untuk usaha konveksi karena ia termasuk kain yang terkesan mewah dengan harga tinggi. Karakteristik kain viscose, yaitu:

  1. Daya serap keringat yang tinggi
  2. Lembut dan dingin bila dipakai
  3. Warna lebih cemerlang
  4. Tidak kaku
  5. Bisa dibersihkan dengan dicuci atau dry clean.

 

  1. Katun viscose

Seperti namanya, kain yang satu ini merupakan gabungan dari katun dan viscose dengan pola 55:45 persen. Ia punya daya serap yang tinggi dan tidak mudah susut bila dibandingkan dengan katun biasa.

 

  1. Katun teteron atau Teteron Cotton (TC)

Kain ini merupakan gabungan dari 35 persen katun dan 65 persen Poliester atau teteron sehingga punya daya serap yang kurang. Kelebihan yang dimiliki dari bahan untuk polo shirt nomor lima ini ialah tidak mudah susut walau dicuci berkali kali.

 

Tips memilih bahan polo shirt

Untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, baik itu ketika Anda atau kelompok Anda menggunakannya. Mendapatkan bahan polo shirt yang tepat menjadi sebuah kewajiban. Karenanya Anda harus teliti, dan mampu membedakan masing-masing bahan, sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya sendiri.

Check Also

Jenis Bahan Kain

Gaya berbusana tiap tahun terus berubah mulai dari pakaian biasa hingga pakaian yang dianggap berani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *