Bisnis Garmen

bisnis garmen

Di Indonesia ini fashion atau bisnis Garmen memiliki prospek dan potensi yang bagus. Pelakunya mulai dari usaha rumahan, makelar bahkan sampai ke pabrik besar.

Pakaian yang menjadi kebutuhan pokok manusia, membuat bisnis garmen atau yang biasa kita kenal dengan konveksi tetap ada sampai sekarang. Sehingga peluang usaha bisnis garmen atau konveksi ini termasuk peluang bisnis yang populer di negeri kita ini. Dan dengan variasi yang bermacam-macam.

Potensi bisnis garmen dan konveksi

Melihat pertumbuhan penduduk yang besar dari tahun ke tahun, sudah tentu konsumsi atau penggunaan pakaian menjadi hal pokok yang juga ikut meningkat. Dan para pebisnis yang jeli mampu melihat peluang seperti ini. Dari hanya melihat fakta bahwa populasi penduduk tiap tahun terus meningkat, tandanya bisnis ini memiliki masa depan.

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa poin atau kategori peluang bisnis garmen yang mungkin Anda bisa pahami nanti.

Gender atau jenis kelamin

Baik laki-laki atau perempuan, semua membutuhkan pakaian, betul. Namun, tidak sama bagi masing-masing gender. Karena pakaian laki-laki dan pakaian perempuan jelas berbeda. Dari perbedaan ini bisa Anda pilih mau ambil bisnis yang fokus pada pakaian laki-laki atau pakaian perempuan. Sehingga dari sini Anda bisa tahu bahwa pakaian seperti apa yang akan nantinya Anda produksi secara masal. Dan siapa yang akan membeli pakaian yang Anda jual tersebut. Jika laki-laki maka buatlah yang elegan atau macho, dan jika perempuan buatkan yang terlihat feminism.

Rentang usia

Pakaian yang dipakai anak-anak dan yang dipakai oleh orang dewasa jelas tidak sama. Apa lagi yang dipakai oleh orang yang sudah lanjut usia. Jika Anda memilih anak-anak sebagai pangsa pasar yang akan Anda buatkan produk maka sesuaikan dengan kesukaan anak-anak. seperti warna yang cerah dan model yang lucu. Atau jika orang dewasa yang akan Anda buatkan pakaian, maka sesuaikan dengan kebiasaan mereka berpakaian seperti simpel, atau tidak terkesan ramai, bahkan mungkin juga sebaliknya. Dan jika orang yang cukup lanjut usianya maka buatlah pakaian yang sesuai dengan usianya.

Profesi

Pakaian yang dipakai oleh karyawan kantor dan yang dipakai oleh pekerja lapangan, apakah sama? Pasti jawaban Anda adalah tidak. Nah, berangkat dari fakta ini, Anda bisa membuat pakaian yang memang mereka butuhkan untuk mempermudah mereka dalam pekerjaan. Misal jika untuk pakerja kantoran, biasa menggunakan pakaian yang formal dan santai, sedangkan untuk pekerja lapangan menggunakan pakaian yang tahan panas namun memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Lifestyle

Nah kategori ini yang paling banyak diisi oleh para pelaku bisnis. Sehingga untuk para pendatang baru yang tidak mampu memberikan pakaian dengan lifestyle baru, akan sulit untuk bersaing. Maka dari itu diperlukan kejelian dalam melihat sebuah fenomena di masyarakat yang bisa ditarik ke dalam bisnis. Seperti fenomena yang sempat ramai, yaitu model jaket yang dipakai oleh presiden kita. Merupakan salah satu bentuk lifestyle yang terjadi dimasyarakat. Berbondong-bondong masyarakat memburu model jaket tersebut.

***

Kesimpulan

Dari beberapa kategori yang sudah saya sebutkan di atas, Anda bisa pilih. Pada kategori manakan bisnis garmen yang Anda sedang bangun akan Anda besarkan. Karena beda kategori tentu beda sentuhan produk yang Anda buat untuk mereka. Jadi Anda tidak bisa asal dalam membuat pakaian. Tidak bisa Anda menyasar semua golongan tanpa pernah fokus terlebih dahulu ke satu hal. Jadi pilih kategori yang memang bisa Anda kuasai.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Reza pahlevi

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *