Cara promosi lewat instagram

Bagi kalangan usia remaja, kata instagram pasti sudah tak asing lagi bahkan di kalangan dewasa sekali pun. Masing-masing dari mereka tentu punya alasan tersendiri mengapa aktif menggunakan instagram dalam kehidupan sehari hari terutama saat beraktivitas. Ada yang punya alasan untuk sekedar berbagi cerita, untuk berkomunikasi dan ada pula yang memanfaatkannya untuk berbisnis. Dan banyak pula yang menggunakannya sebagai sarana berbagi ilmu dan cara promosi lewat instagram.

Dahulu instagram memang hanya menjadi aplikasi untuk membagikan foto dan video, akan tetapi hal itu sudah berubah jauh. Aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2010 ini telah memperbanyak fitur yang ada diantaranya akun bisnis dan direct message. Bila Anda merupakan salah satu pelaku bisnis, simaklah pembahasan mengenai cara promosi lewat instagram pada artikel kali ini.

 

Cara Promosi Melalui Instagram

Bagi seorang pelaku bisnis yang punya suatu usaha entah itu usaha kecil hingga usaha besar, promosi tetap perlu dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini karena promosi merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah penjualan dan untung yang diperoleh. Selain itu, promosi juga bermanfaat untuk mendatangkan calon pembeli baru bahkan dari lokasi yang jauh sekali pun.

 

  1. Melakukan endorse ke selebgram atau artis

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk berpromosi yaitu dengan memanfaatkan para artis atau selebgram yang punya banyak pengikut. Anda juga dapat melakukan endorse ke kerabat yang punya followers di atas rata rata orang yang bukan artis. Akan tetapi, tak semua membuka jasa endorse sehingga Anda wajib mengetahui artis selebgram mana yang menawarkan.

Sistem endorse cukup mudah yaitu Anda hanya perlu membayarkan sebuah biaya yang diminta lalu mengirim foto produk yang ingin dipromosikan. Selain itu, Anda biasanya juga diminta untuk mengirimkan caption atau keterangan dari produk yang Anda tawarkan. Kemudian mereka akan memposting produk yang Anda jual di akun pribadi yang mereka miliki.

  1. Mengikuti paid promote

Cara yang kedua punya sistem hampir mirip dengan cara pertama, namun yang membuka jasa satu ini sebuah kelompok komunitas. Mereka punya suatu acara yang akan diselenggarakan dan butuh dana yang tak sedikit sehingga membuka jasa satu ini. Menariknya, harga paid promote jauh lebih murah dibanding melakukan endorse walau cara kerjanya sama.

next

 

  1. Memakai hashtag yang populer

Cara promosi lainnya di instagram yang ketiga yaitu dengan menyematkan hashtag di setiap postingan yang Anda unggah di akun bisnis. Anda bisa memberi hastag yang populer seperti hastag jenis produk yang dijual atau hastag kata online shop murah. Cara yang satu ini dianggap paling efektif karena tak memungut biaya sepeser pun, hanya membutuhkan jari untuk mengetiknya.

  1. Meninggalkan komentar di akun tertentu

Cara keempat yaitu dengan meninggalkan komentar pada unggahan seseorang dengan kata kata yang sopan, tetapi tetap menarik. Walau beberapa orang menganggap risih apabila kolom komentarnya diisi promosi sebuah akun, ini tak masalah karena merupakan usaha. Alangkah lebih baik bila Anda meninggalkan komentar di akun pribadi agar tidak tertimbun komen lain.

  1. Memakai jasa instagram ads

Salah satu fitur baru instagram yaitu diperbolehkannya melakukan iklan dengan cara punya akun facebook bisnis. Instagram ads menawarkan beberapa pilihan diantaranya single image, carousel ads, video ads, slideshow ads, lead ads, dan stories image ads. Anda bisa memilih jenis mana yang  diperlukan, di setiap jenis iklan punya durasi tersendiri dan tentunya konsekuensi berbeda.

 

Mencari cara promosi lewat instagram yang tepat

Banyak teman-teman yang terkendala masalah biaya promosi. Untuk di awal, baiknya menggunakan cara-cara gratisan terlebih dahulu. Baru untuk mengembangkan bisnis diperlukan cara yang tidak gratisan. Karena cara gratisan itu umumnya terbatas di banyak sisi. Beberapa pakar instagram marketing jarang sekali mau menyebarkan ilmu jualan mereka secara gratisan secara menyeluruh.

Biasanya yang diberikan hanya pada bagian-bagian tertentu yang gratis saja, namun tidak banyak orang ketahui caranya. Sehingga mampu menekan biaya melalui cara promosi lewat instagram yang jalankan. Beberapa praktisi, akan membuka kelas kursus tersendiri bagi mereka yang mau belajar. Atau biasanya dengan menulis buku instagram marketing. Dan Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *