Desain grafis dan kaitan dalam kehidupan sehari-hari

desain grafis dan kaitan dalam kehidupan sehari-hari

Contoh yang akan saya ambil pada bahasan kali ini adalah objek yang paling dekat dan erat sekali dengan kehidupan kita, yaitu fashion. Kenapa fashion, karena fashion terlahir dari desain grafis, bahkan kaos oblong sekalipun.

Karena jaman dahulu tidak secanggih saat ini, dimana ada internet dan software yang siap mewujudkan imajinasi Anda, saat itu kertas dan pensil lah yang menjadi andalan dalam menciptakan karya grafis. Namun, dampaknya tetap bisa kita rasakan, yaitu dalam bentuk pakaian.

Lebih dalam tentang fashion

Mengetahui eratnya fashion dalam kehidupan sehari-hari setiap orang, menciptakan peluang-peluang usaha yang menggiurkan bagi seorang desainer grafis. Salah satunya adalah berjualan desain dalam bentuk visual merchandise, yaitu t-shirt.

Kaos yang sudah menjadi konsumsi publik, ternyata bisa menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menggiurkan. Dalam kancah internasional, sebut saja perusahaan besar saat ini seperti teespring, zazzle, spreadshirt, cafepress atau blue cotton. Mereka adalah perusahaan besar saat ini yang menjadikan kreatifitas desainer sebagai ujung tombak perusahaan mereka.

Jangkauan yang luas, yaitu internasional, menjadikan sepotong kaos yang tidak seberapa keuntungannya bisa menjadi sumber pendapatan yang belipat-lipat.

Sebut saja Albert Leonardo, mantan seorang guru ini pernah diundang oleh teespring karena mampu menghasilkan penjualan fantastis pada perusahaannya itu bermodalkan desain kaos pada akun teespringnya. Dan hebatnya, beliau itu berasal dari negeri kita, Indonesia.

Melihat pencapain yang fantastis dari perusahaan-perusahaan ini, mulai bermunculan perusahaan visual merchandise serupa dengan rasa lokal, yang juga bisa menjadi peluang usaha bagi desainer grafis. Sebut saja mereka seperti, tees, custom, dan blazbluz.

Untuk desainer

Teman-teman desainer mungkin sudah atau baru mengetahui nama-nama di atas. Saran saya, memang benar meningkatkan skill desain itu penting, dan menambah wawasan dunia desain pun tidak kalah pentingnya. Sehingga terbuka pikiran kita bahwa desain grafis, tidak hanya terpaku pada sekedar membuat karya 2d semata. Namun bisa juga dikolaborasikan dengan hal lainnya, yaitu fashion dan bisnis.

Kaos, sarung bantal, bed cover atau hal lain dalam dunia fashion, bisa menjadi celah Anda dalam mencari peluang rezeki. Dengan pasif income yang mungkin bisa terus mengalir, kendati Anda sedang vakum mendesain. Impian yang menjanjikan bukan?

Biasanya pendapatan yang Anda dapatkan tidaklah receh-receh banget. Umumnya sekitar 10% dari harga jual, jika website lokal menjual kaos pada kisaran 100k sampai 130k dengan keuntungan sekitar 10k-13k, di pasar internasional sebuah kaos bisa dihargai mulai dari harga $26 keuntungannya sekitar $2,6 yang berarti Anda bisa mengantongi sekitar 30k per pcsnya. Bayangkan jika seminimal mungkin Anda mampu melariskan sekitar 100pcs setiap bulannya. Mungkin dalam 3 bulan Anda sudah mampu upgrade laptop baru menjadi Macbook. Kuncinya adalah desain lah sesuatu yang disukai orang calon pembeli Anda nantinya.

Namun, saya harus sampaikan bahwa hal seperti di atas hanyalah omong kosong dan mimpi belaka, jika Anda tidak melakukan apapun untuk meraih mimpi tersebut. Tidak upgrade skill, tidak menambah wawasan dengan membaca, tidak berkomunikasi dan silaturahmi dengan sesama desainer, dan tidak melatih keyakinan diri, hal di atas jelas akan sulit untuk di raih.

Karena kunci sukses di masa depan adalah terpenuhinya semua syarat penunjang kesuksesan di masa lalu.

Jadi, perbarui terus wawasan Anda dalam mendesain dan sisi dunia desain yang mungkin saja bisa mengubah kehidupan Anda menjadi lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Jangan pakai jasa desainer grafis sebelum punya ini

Dalam berbisnis atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan desain, perlu Anda pahami beberapa hal, terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *