Harga jasa desain logo

harga jasa desain logo

Harga jasa desain logo. Halo sobat entrepreneur, kali ini saya akan membahas mengenai kenapa harga sebuah jasa desain logo bisa tinggi ataupun tinggi. Anda mungkin saat ini memiliki sebuah usaha atau bisnis yang sedang di jalankan, tentu Anda ingin bisnis Anda suatu hari bisa menjadi sebuah bisnis raksasa dengan omzet triliunan. Amiiinnn. Dalam mencapai impian tersebut Anda akan sangat membutuhkan dukungan tenaga-tenaga yg ahli di bidangnya.  Maka membaca artikel ingin akan berguna bagi Anda, saya jamin.

Sebelum kita masuk ke inti bahasan, ada baiknya saya wajib menjelaskan terlebih dahulu beberapa pendahuluan. Agar Anda tidak mengalami kebingungan dalam memahami artikel ini.

Memahami jasa desain logo

Tahu kah sobat mengenai jasa desain?

Mungkin Anda akan terbayang mengenai seorang pelukis, tukang gambar, kuli tinta atau kuas, karyawan percetakan dan sebagainya. Dan Anda benar, itulah beberapa aktivitas yang seorang desainer lakukan, baik di kantor, maupun disebuah tempat percetakan. Orang yang melakukan aktivitas diatas disebut dengan desainer. Umumnya menggunakan media computer sebagai alat kerjanya, maka disebut desainer grafis. Sampai disini sudah paham? Saya yakin IYA, karena Anda cerdas.

Logo adalah sebuah karya visual yang dipakai oleh suatu organisasi, lembaga, badan usaha, atau kelompok dalam mengenalkan jati dirinya melalui sebuah simbol yang bermakna. Atau ibaratnya, organisasi itu adalah manusia, maka logo adalah wajahnya. Hanya dari melihat wajahnya kita bisa langsung ingat dengan kepribadiannya. Desainer yang fokus merancang sebuah logo disebut desainer logo.

Maka jasa desain logo adalah kegiatan merancang sebuah logo yang dibayar. Hehehe, ini kesimpulan ala saya. Lanjut.

Seorang yang berprofesi sebagai desainer grafis pada hakikatnya sama dengan seorang pekerja pada umumnya. Hanya saja dengan bantuan internet, karya desain grafis bisa didistribusikan sangat cepat dan luas. Dan hal ini juga mendorong gerakan untuk bekerja dari mana saja, atau fereelance.

Harga jasa desain logo

Bahasan utama kita mengapa sebuah desain bisa memiliki harga rendah dan tinggi. Pastikan Anda memahami ini agar Anda tidak terjebak pada hal yang berbahaya di masa depan.

1. Siapa desainernya

Ini adalah hal yang paling pertama yang harus Anda kenali sebelum mulai mencari seorang desainer untuk logo Anda. kenapa hal ini penting? Berkembangnya teknologi membawa dampak positif yaitu pesatnya pertumbuhan desainer, sehingga Anda tidak akan sulit mencari mereka yang membuka bisnis dengan harga jasa desain logo yang kompetitif.

Namun sayangnya, dampak negatifnya jauh lebih besar. Yaitu pertumbuhan yang pesat ini mendorong desainer yang masih pemula atau masih belajar untuk ikut berkompetisi membuka jasa. Meskipun ia sadari belum memiliki kompetensi alias belum sampai level mahir. Akibatnya apa, muncul lah plagiarisme atau penjiplakan, desain yang salah sasaran atau miss persepsi, desain yang berujung sengketa atau tindak pidana, desain yang membuat organisasi atau kelompok menjadi memiliki citra yang buruk, dan masih banyak lagi.

Untuk itu Anda harus lebih teliti lagi, karena karya yang dibuat oleh seorang desainer professional tidaklah sama dengan mereka yang hanya mengaku-ngaku.

2. Bagaimana alur kerjanya

Banyak desainer yang memangkas bagian atau tahap ini agar pekerjaannya cepat selesai atau segera menerima pembayaran. Jika Anda entrepreneur sering mendengar jargon ‘DESAIN GRAFIS BUKAN DESAIN GRATIS’ yang didegungkan oleh seorang pelaku desain, maka Anda punya hak untuk menanyakan bagaimana alur kerja desain mereka. Karena Anda tidak ingin mendapatkan hasil buruk bagi usaha Anda bukan?

Saya yakin Anda adalah seorang entrepreneur yang memahami bahwa hasil yang baik ditentukan oleh proses kerja yang baik pula. Maka bagaimana mungkin sebuah logo bisa selesai hanya dalam hitungan jam tanpa melewati sebuah proses yang sudah seharusnya. Sehingga sebelum Anda bayar dengan harga tinggi desainer tersebut, wajib Anda tanyakan bagaimana alur kerja mereka.

3. Seberapa pengalaman

Pepatah mengatakan ‘pengalaman adalah guru yang terbaik’, maknanya adalah mereka yang berpengalaman sudah merasakan banyak kegagalan sampai menemukan sebuah formula terbaik dalam menjalankan profesinya. Maka Anda pasti bisa membedakan mana yang pemula dan yang sudah berpengalaman. Cara paling mudah bagi Anda mengetahuinya adalah dengan melihat track record desainer tersebut.

Mulai dengan menanyakan langsung, atau bisa dengan melihat CV yang dimilikinya. Mereka yang berpengalaman pasti sudah mengalami berbagai macam hal, baik saat menjadi karyawan atau bekerja freelance. Pengalaman ini yang akan menjadi seberapa bernilai karya seorang desainer. Bukankah Anda tidak ingin bisnis atau organisasi Anda ditangani oleh orang yg tidak berpengalaman. Maka mintalah data track record mereka.

4. Komunikasinya

Acuh tak acuh, jutek atau gak nyambung adalah model komunikasi yang tidak ingin Anda dapatkan bukan? Bayangkan Anda sudah membayar tinggi seorang desainer namun komunikasi yang terjalin terkesan dingin dan tidak nyambung. Faktor ini adalah kunci terakhir yang harus Anda kenali. Karena biar bagaimanapun nama, kemampuan dan pengalamannya, jika komunikasinya buruk dan tidak bersahabat kepada Anda, Anda pun akan tidak nyaman.

Kita yang makhluk sosial ini sangat membutuhkan komunikasi yang baik dan bersahabat, begitu juga Anda kepada desainer. Meskipun ketiga hal diatas sangat lah penting, faktor kunci terakhir ini lah yang akan menentukan kerja sama Anda nanti akan berlanjut atau tidak. Karena banyak akibat komunikasi yang tidak baik, justru membuat kapok orang yang memesan jasa tersebut. Maka komunikasi yang baik itu penting.

***

Mencari harga jasa desain logo terbaik

Setidaknya dengan ke empat hal diatas bisa menjadi pegangan Anda dalam menyeleksi seorang desainer grafis. Dan bisa meminimalisir kerugian Anda dalam proses mendesain bisnis Anda nantinya. Karena desain bagus saja tidak cukup.

Jadi, harga jasa desain logo bisa rendah atau pun tinggi tergantung dari kriteria di atas. Semoga Anda bisa menemukan orang yang terbaik, seperti orang-orang yang telah membaca artikel ini sampai habis.

Sekian artikel mengenai harga jasa desain logo. Semoga wawasan Anda bertambah. Baca tips berikut ini dalam mencari seorang desainer grafis yang tepat.

Reza Pahlevi