Hosting website bagi pebisnis jaman sekarang

hosting website bagi pebisnis jaman sekarang

Kenapa harus website?

Pertanyaan yang sering ditanyakan berulang-ulang. Kenapa harus website dan bukan sosial media? Bukannya lewat sosial media aja bisa sukses juga. Mungkin pernyataan ini yang kerap Anda ucapkan dan Anda pikirkan.

Tidak salah menggunakan sosial media sebagai media promosi. Karena sudah banyak pebisnis yang sukses berjualan online bahkan tembus ratusan juta hanya promosi dengan menggunakan sosial media. Tapi pertanyaannya adalah mau sampai kapan?

Hakikat sosial media

Kenapa sih tidak boleh menggunakan sosial media sebagai media promosi terlalu lama?

Tahu kah Anda apa itu sosial media? Sosial media yang selama ini Anda pergunakan pada hakikatnya adalah sebuah website, namun bedanya sosial media ini adalah milik orang lain. Anda hanya pengguna yang sangat bergantung dengan pemilik website sosial media tersebut. Dan Anda sangat terpaku dengan aturan-aturan yang ada pada website tersebut. Jadi, apabila suatu saat nanti pemilik website mengganti aturan yang berlaku menjadi aturan yang memberatkan dan merugikan Anda, maka Anda tidak punya pilihan selain menuruti kemauan pemilik website.

Maka dengan memiliki website sendiri, akan membeaskan Anda dari semua aturan itu. Dan Anda pun bebas membuat aturan Anda sendiri pada website Anda. Apalagi jika Anda pergunakan untuk berjualan produk Anda.tidak perlu khawatir bergantung pada orang lain.

Website sebagai lapak jualan

Ada 3 elemen penting yang wajib saya jelaskan di bawah ini kepada Anda, agar Anda mudah memahami apa itu website. Yaitu hosting, domain dan website.

Baca juga rekomendasi web hosting dari kami

Hosting

Apa sih hosting itu? Saya akan berikan ilustrasi seperti ini. Dalam dunia internet, hosting yang akan Anda pakai nantinya diibaratkan sebuah lahan kosong. Lahan kosong ini tidak bisa Anda miliki, dan hanya bisa Anda sewa dari penyedia hosting. Nah di lahan ini lah nantinya akan Anda bangun website untuk Anda berjualan nantinya. Besar kecilnya hosting yang Anda sewa sangat mempengaruhi seberapa besar dan seberapa banyak website yang Anda bangun. Semakin besar hosting yang Anda sewa maka akan semakin lengkap website yang bisa Anda bangun nantinya.

Domain

Apa itu domain? Jika hosting adalah lahan kosong yang bisa Anda pakai untuk membangun website, maka domain ini adalah alamat dimana website Anda nantinya akan dibangun. Karena website Anda akan sulit ditemukan, apabila tidak ada domain sebagai alamatnya. Maka dari itu, menentukan domain yang tepat akan mempengaruhi banyak sedikitnya pengunjung ke website Anda. coba bayangkan nama website yang terlalu panjang (lebih dari 2 suku kata), atau terlalu sulit diucapkan, atau tidak mudah diingat. Jangankan pengunjung website, Anda pun bisa lupa juga nantinya.

Website

Nah inilah puncaknya. Setelah Anda membaca penjelasan di atas, Anda jadi semakin tahu gambaran ringkas mengenai internet ini. Website yang nantinya akan Anda bangun itu akan menjadi rumah, atau bahkan toko tempat pengunjung Anda berbelanja. Maka dari itu kedua elemen di atas sudah menjadi syarat wajib dalam membangun sebuah website.

Langkah yang bisa Anda lakukan

Mulai lah dengan mencari penyedia hosting yang tepat dengan kebutuhan Anda. Baru setelahnya menentukan alamat domain dari website Anda, dan terakhir bangun website sesuai kebutuhan Anda. Carilah hosting yang terjangkau, dan memiliki kapasitas yang besar. Selain itu juga wajib di dukung dengan perlindungan yang kuat, agar website Anda aman dari berbagai macam gangguan.

Hosting yang tepat adalah yang memiliki perlindungan yang kuat, memiliki pelayanan 24 jam. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi maintenance dan jaringannya down. Anda bisa segera menghubungi penyedia secepat mungkin.

Kesimpulan

Website adalah tempat dimana orang-orang dapat berkunjung. Tak beda dengan rumah atau toko pada dunia nyata. Pemilihan lapak yang tepat dan alamat domain yang pas, sangat menentukan potensi seberapa besar website Anda akan dikunjungi nantinya. Sehingga dalam menentukan ketiga elemen ini menjadi sangat penting, dan harus berhati-hati.

Reza Pahlevi

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *