Jenis Bahan Baju

jenis bahan baju

Pada setiap harinya tentu Anda selalu memakai suatu pakaian mulai dari celana hingga baju beserta pakaian bagian dalamnya. Memakai suatu pakaian tak semuanya terasa nyaman dan menyenangkan, pasti ada pula yang membuat Anda ingin melepasnya saja. Salah satu penyebab dari hal itu ialah bahan yang dipakai untuk membuat pakaian yang Anda kenakan. Begitu pula baju yang dibuat dari suatu jenis bahan baju tertentu, akan memberikan efek kenyamanan yang berbeda pula.

 

Jenis Jenis Bahan Baju

Berikut ini beberapa bahan baju yang biasa dipakai dan bisa Anda temukan di mall, distro, atau pasar sekalipun.

  1. Cotton

Bahan baju yang paling populer yaitu katun yang memiliki dua varian jenis yaitu katun combed dan katun carded. Keduanya memiliki perbedaan yaitu pada bagian tekstur, daya serap dan juga pada masalah harga di pasaran. Katun combed memiliki harga yang lebih tinggi karena tekstur lebih halus, daya serap tinggi dan nyaman saat dipakai.

Sedangkan, untuk katun carded punya tekstur yang lebih kasar atau tidak rata, daya serap yang lemah namun harganya miring. Keduanya saat dipakai tidak terasa panas karena sama sama terbuat dari serat kapas yang tipis sehingga terasa enteng. Tebal tipisnya baju yang dihasilkan disebabkan oleh jenis benang dan tipe katun itu sendiri.

Katun juga kerap digabungkan dengan bahan lain yang kemudian menjadi dua jenis kain dengan penjelas di bawah ini:

 

  • Teteron Cotton

Karena ia hanyalah campuran dari bahan katun dengan poliester, maka sifat yang ia miliki juga berbeda dengan katun. Daya serap dari baju berbahan Teteron Cotton punya daya serap yang kurang dan saat dipakai akan terasa panas. Tekstur bajunya juga tidak halus, namun kelebihan yang ada dalam dirinya ialah tidak mudah susut walau kerap dicuci.

  • Cotton Viscose

Cotton viscose merupakan gabungan dari kain katun dan kain viscose yang memiliki daya serap keringat yang cukup tinggi. Hal ini karena bahan viscose merupakan bahan yang baik bahkan terkesan mewah dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu, baju yang terbuat dari cotton viscose punya daya susut yang rendah sehingga dinilai awet.

 

  1. Linen

Jenis jenis bahan baju yang kedua yaitu linen dengan ciri nyaman saat dipakai dan punya daya serap keringat yang tinggi. Ia memiliki serat yang lebih kuat bila dibandingkan dengan katun, oleh karenanya karakteristik linen mudah kusut dan berkerut. Sehingga, baju dengan bahan dasar linen harus dicuci dengan cara khusus seperti memakai deterjen yang lembut.

Next

 

  1. Sutera

Kain sutera juga dikenal dengan nama silk yang mana mempunyai karakteristik mudah robek dan menyerap air dengan mudah. Kain jenis ini cukup dikenal karena kerap dijadikan bahan dasar pembuatan aneka jenis pakaian walau ada suatu pengecualian. Baju berbahan sutera harus dicuci dengan perlakuan berbeda karena dicuci dengan pemutih justru akan merusak.

 

  1. Leather & Suede

Bila dengan nama leather dan suede mungkin bahan yang satu ini tak banyak dikenal, namun apabila disebut kulit tentunya berbeda. Baju yang dibuat dari kulit memang tak banyak digunakan untuk aktivitas harian karena dianggap kurang sesuai. Walau begitu, ia tetap banyak dipakai untuk pembuatan jaket, tas, sepatu hingga ikat pinggang.

 

  1. Cashmere

Cashmere merupakan salah satu dari jenis jenis bahan baju yang memiliki harga melambung karena tergolong mewah. Harga yang tinggi disebabkan oleh kualitas dalam baju berbahan cashmere mencapai batas prima walau pencuciannya harus memakai shampoo khusus. Namun, hal unik dari baju berbahan cashmere yaitu apabila dicuci justru akan semakin halus teksturnya.

 

Tips saat memilih jenis bahan baju

Jika Anda berniat membeli atau bahkan membuka sebuah bisnis baru, mengetahui jenis bahan baju yang baik sesuai kebutuhan menjadi sangat penting. dan jangan lupa untuk dirasakan dengan jari Anda sendiri. Karena hal tersebut menyangkut kenyamanan saat baju itu dipakai.

Check Also

Jenis Bahan Kain

Gaya berbusana tiap tahun terus berubah mulai dari pakaian biasa hingga pakaian yang dianggap berani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *