Jenis Bahan Kain

jenis bahan kain

Gaya berbusana tiap tahun terus berubah mulai dari pakaian biasa hingga pakaian yang dianggap berani, unik beda dari yang lain. Namun, ada satu pakaian yang keberadaannya tak dapat digantikan walau mode busana terus berubah dan berkembang, pakaian itu ialah kaos. Walau kerap digunakan, tak semua pakaian yang bernama kaos nyaman dipakai karena jenis bahan kain yang digunakan berbeda-beda.

Maka dari itu, kali ini akan dibahas tentang jenis jenis bahan-bahan kain untuk membantu Anda menemukan kaos yang cocok dipakai.  Hal ini juga untuk menghindari pembelian kaos yang terlalu sering akibat tingkat keawetan dari kaos yang dibeli rendah. Tentunya itu akan menimbulkan pembengkakan pada pengeluaran yang Anda lakukan, untuk itu simaklah pembahasannya di bawah ini.

 

Jenis bahan kain yang umum digunakan

Berikut ini bahan-bahan yang umum dipakai dan digunakan untuk membuat baju.

  1. Bahan Kain Hyget

Hyget adalah salah satu bahan kain yang terbuat dari bahan plastik sehingga hasil kaosnya akan tipis dan dianggap kurang layak. Bila dipakai kaos berbahan hyget akan menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman sehingga sebisa mungkin hindari kaos berbahan kain ini. Kaos yang dibuat dari hyget biasanya untuk kepentingan massal agar dana yang dikeluarkan sedikit.

 

  1. Cotton bamboo (Katun Bambu)

Bahan kain yang satu ini punya karakteristik yang hampir sama dengan katun jenis combed yaitu kainnya halus dan rata. Katun bambu juga punya daya susut yang rendah walau telah dicuci berkali kali sehingga kaos berbahan kain ini dinilai awet. Daya serap keringatnya juga tinggi, jadi tidak akan terasa panas saat dipakai.

 

  1. Cotton supima (Katun Supima)

Salah satu dari jenis jenis bahan kain yang punya kualitas super yaitu katun supima, kain ini dari perkebunan di Amerika. Kata supima sendiri merupakan singkatan dari kata Suprerior Prima yang bermakna kualitas kapas kainnya paling baik. Oleh karena itu, kaos yang terbuat dari kain katun supima tentunya berkualitas dan cocok dipilih.

 

  1. Cotton Spandek (Katun Spandex)

Bahan kain tipe katun yang satu ini tidak murni katun seutuhnya karena di dalamnya terdapat campuran serat spandek. Kaos berbahan kain katun spandek biasanya banyak dibuat untuk pakaian seorang wanita dan sifatnya yang elastis memberi kenyamanan tersendiri. Keunggulan kain ini untuk kaos yaitu  apabila dipakai akan terasa sejuk dan tidak panas.

 

  1. Cotton combed (Katun Combed)

Katun jenis katun combed menjadi bahan kain yang paling banyak digunakan dalam pembuatan pakaian khususnya kaos. Hal ini karena kainnya punya permukaan yang rata, halus dan tidak begitu tebal dan punya beberapa varian tipe seperti 20s. Kaos berbahan katun combed tipe 20s menjadi ciri kaos kaos yang dijual di berbagai distro di Indonesia.

 

Saran ketika menentukan jenis bahan kain

Bila akan memilih kaos, selain melihat jenis jenis bahan kain juga perlu memperhatikan jahitan dan juga sablonan gambarnya. Jahitan yang dipakai untuk kaos kualitas baik yaitu jahitan yang berpola dua rantai, dibuat dengan mesin jahit jarum dua rantai. Anda dapat memperhatikan jahitan jenis ini pada bagian atas dan perhatikan juga jahitan yang ada di setiap sudutnya.

Sedangkan untuk sablonan, sablonan yang baik dan punya daya awet yang tinggi ialah sablonan yang dicetak dari printer DTG. Hasil cetak dari printer ini punya kualitas gambar yang tajam dan menempel rapi pada kain sehingga gambar tidak mudah hilang. Anda dapat mengeceknya dengan cara meraba bagian sablonan pada kaos dan rasakan apakah permukaannya halus atau kasar. Jenis bahan kain menentukan kualitas dari sablonan yang digunakan.

Check Also

Jenis Bahan Baju

Pada setiap harinya tentu Anda selalu memakai suatu pakaian mulai dari celana hingga baju beserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *