Jenis Bahan Kaos

jenis bahan kaos

Salah satu jenis pakaian yang kerap kali digunakan yaitu kaos karena ia dianggap cocok dipakai untuk kegiatan sehari hari.  Akan tetapi, banyak yang belum tahu bahwa bahan kaos beraneka ragam seperti panas atau tidaknya saat dipakai dan daya serap. Dua hal tersebut tentunya akan memengaruhi rasa nyaman dari sang pemakai. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jenis jenis bahan kaos mulai dari kualitas hingga karakteristiknya.

 

Jenis jenis bahan kaos

Pembahasan ini diharapkan agar Anda mengetahui bahan apa yang cocok dipilih saat akan membeli atau membuat suatu kaos. Simaklah pembahasannya di bawah ini:

  1. Katun

Nama katun sebenarnya berasal dari kata Cotton yang kemudian warga lokal menyebut katun, ada dua jenis dari kain ini. Jenis yang pertama yaitu cotton combed dan yang kedua cotton carded dengan karakteristik yang sedikit berbeda. Keduanya akan dijelaskan di paragraf di bawah ini:

 

  • Cotton combed

Katun adalah kain yang seutuhnya terbuat dari kapas alami dan untuk jenis combed proses pemilihannya dilakukan dengan disisir. Maka dari itu, combed jenis katun terbaik dengan serat yang halus, panjang dan rata serta tidak ada sambungan. Kain jenis ini punya variasi yaitu 20s, 24s dan 30s yang menunjukkan tingkat kualitasnya.

Cotton combed tipe 20s menjadi bahan yang paling kerap dipakai untuk pembuatan kaos distro karena bahannya yang cukup nyaman. Kualitasnya yang menjanjikan membuat harga untuk jenis cotton combed dipatok lebih mahal dari bahan kaos yang lain. Namun, hal ini tak mengurungkan niat konsumen karena hasil yang didapat tentunya akan memuaskan.

 

  • Cotton carded

Perbedaan cotton combed dan cotton carded yaitu pada proses pemilihan kapasnya yang mana pada carded secara digaruk. Sehingga kain yang dihasilkan bertekstur kasar, tidak rata dan kurang menyerap keringat serta harganya lebih miring dibanding combed. Bila combed kerap dipakai untuk bahan kaos distro, carded dipakai untuk kaos olahraga dan baju pabrik.

 

  1. Viscose

Viscose termasuk jenis jenis bahan kaos yang memiliki kualitas hampir sebanding dengan katun jenis combed, terbuat dari sintesis buatan manusia. Serat sintesis buatan kain viscose hampir mirip dengan kapas, namun jenis ini ditambah dengan ketajaman warna yang lebih. Kain ini jarang digunakan untuk pembuatan kaos karena harganya yang mahal dan terkesan mewah.

Next

 

  1. Cotton viscose

Kain cotton viscose atau CVC merupakan campuran dari cotton combed sebanyak 55 persen dan viscose sebanyak 45 persen. Ia memiliki karakteristik yang mudah menyerap keringat karena sebagian besar bahannya dari cotton combed dan tidak mudah susut. Kain yang tidak mudah susut kerap disebut dengan nama shrinkage yang tentunya memiliki daya keawetan lebih.

 

  1. Hyget

Bahan kaos jenis ini punya kualitas jauh di bawah ketiga nomor di atas karena hyget dari plastik sehingga teksturnya tipis. Kaos yang dibuat dari bahan ini biasanya seperti seragam untuk acara kampanye dan promo pembuatan kaos dengan harga murah. Apabila kaos terbuat dari bahan hyget akan terasa tidak nyaman di badan, namun harganya paling miring.

 

  1. Polo

Bahan dari kain ini yaitu pique atau kerap pula disebut dengan nama lacoste yang merupakan nama suatu brand. Polo memiliki karakteristik bahan yang tidak kaku atau lentur dan dapat dibilang termasuk jenis bahan yang semi formal. Sehingga, salah satu dari jenis jenis bahan kaos ini kerap digunakan untuk pembuatan baju atau kaos berkerah.

 

Kesimpulan setelah memahami jenis bahan kaos

Dengan mengetahui jenis bahan kaos, Anda jadi mengerti bagaimana membedakan kaos yang berkualitas, sesuai dengan keadaan saat kaos tersebut dipakai. Ini penting karena untuk mendapatkan kenyamanan saat menggunakan kaos tersebut.

Check Also

Jenis Bahan Baju

Pada setiap harinya tentu Anda selalu memakai suatu pakaian mulai dari celana hingga baju beserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *