Jenis Kaos Distro

jenis kaos distro

Bagi para anak muda, kata distro tentunya sudah tak asing lagi di telinga karena menjadi salah satu tempat favorit belanja. Distro yang tak hanya menjual pakaian ini juga terkadang menjadi tempat kerja bagi para anak muda jangka paruh waktu. Bahkan banyak anak muda khususnya kaum adam yang merasa bahwa memakai barang dari distro dinilai keren dan mengikuti perkembangan zaman. Namun, bagi orang awam tentunya tak banyak yang mengetahui tentang jenis jenis kaos distro yang dijual di pasaran.

 

Beberapa Jenis Kaos Distro

Jenis dari kaos distro dibedakan berdasar bahan apa ia dibuat, kain yang biasa dipakai ialah sebagai berikut:

  1. Katun Combed

Kain yang paling banyak digunakan untuk pembuatan kaos distro yaitu kain katun jenis combed dengan tipe benang 20s. Kaos distro yang dibuat dari kain ini punya daya serap keringat yang baik dan bila dipakai tidak terasa panas. Permukaannya yang halus, rata dan tidak begitu tebal memang sangat disukai oleh pabrik pembuat kaos.

 

  1. Katun carded

Kain kedua yang kerap dipakai untuk pembuatan kaos distro yaitu katun jenis carded yang mana punya permukaan lebih kasar. Katun ini hampir mirip dengan combed yang sama sama punya daya serap keringat yang tinggi dan nyaman dipakai. Namun, carded punya tekstur yang lebih kasar dan permukaan yang kurang rata serta harga yang lebih miring.

 

  1. Lacoste

Jenis jenis kaos distro berdasarkan bahan yang ketiga yaitu kaos yang berbahan kain lacoste atau pique seperti kaos polo. Karena sebagian besar penggemar distro ialah kaum lelaki, kaos yang berbahan dasar lacoste sangat disukai dengan desain yang sederhana. Ditambah lagi kaos jenis ini dapat dipakai dalam acara yang bertipe semi formal bahkan formal.

Tak hanya membahas jenis jenis kaos distro saja, di bawah ini juga akan dibahas tentang cara melihat kualitas kaos distro. Hal ini Anda lakukan agar nantinya puluhan bahkan ratusan ribu uang tidak terbuang sia sia karena membeli kaos yang salah. Kaos yang salah dimaksudkan kaos yang mudah luntur, tidak nyaman dipakai dan daya awetnya rendah.

 

Pengecekan Kualitas Jenis Kaos Distro

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara pertama untuk melihat kualitas dari kaos distro yaitu dengan melihat bahan dasarnya. Bahan kain pembuatan kaos distro yang umum digunakan yaitu katun combed tipe 20s dengan kualitas yang cukup baik. Selain dari bahannya, cara melakukan pengecekan kualitas kaos distro juga melalui dua cara di bawah ini:

  1. Sablon

Kualitas sablon yang baik untuk kaos distro ditentukan oleh jenis tinta apa yang dipakai saat proses penyablonan berlangsung. Bila kaos distro punya warna yang gelap, tinta yang baik ialah tinta tipe waterbase bernama tinta rubber. Tinta rubber punya karakteristik pekat, sedangkan untuk kaos berwarna putih baiknya memakai tinta extender yang bersifat transparan.

Jenis tinta yang kedua yaitu tinta basis minyak yang kerap disebut tinta plastisol atau solvenbase dan harganya cukup mahal. Perbedaan tinta waterbase dan solvenbase yaitu pada saat proses pengeringan berlangsung yang mana waterbase dapat kering dengan sendirinya. Sedangkan, pada tinta solvenbase membutuhkan alat pengeringan yang khusus dan hasilnya tentu baik.

 

  1. Jahitan

Kualitas kaos distro juga dilihat dari tipe jahitannya yang biasanya memakai tiga jenis tipe jahitan yaitu obras, bis dan rantai. Jahitan obras biasa digunakan untuk menjahit bagian bawah dari kaos dengan bentuk jahitan miring membentuk segitiga tanpa alas. Untuk jahitan bis dipakai pada bagian dalam bagian leher dan jahitan rantai untuk bagian bahu luar.

Dengan Anda mengetahui jenis kaos distro yang baik dan berkualitas. Diharapkan ANda mampu membedakan mana kaos distro yang sesungguhnya dengan kaos yang mengaku distro. Terlebih jika Anda sangat mengutamakan kualitas dari brand kaos yang Anda beli.

Check Also

Jenis Bahan Baju

Pada setiap harinya tentu Anda selalu memakai suatu pakaian mulai dari celana hingga baju beserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *