Kapan sebuah bisnis membutuhkan logo

kapan sebuah bisnis membutuhkan logo

Halo sobat. Saya tahu bisnis Anda sedang mengalami masalah. Karenanya Anda bisa sampai pada artikel ini. Kebetulan sekali bahasan kali ini kemungkinan akan menjadi solusi masalah Anda. baik langsung saja.

Bicara mengenai logo dan bisnis, Anda mungkin sudah sangat kenal dengan berbagai macam logo kelas dunia yang mungkin saja saat ini dekat dengan kehidupan Anda. yang mana apabila logonya di temple pada berbagai macam benda, mungkin saja bisa laku. Agak lebay sih, hehehe. Namun tahukah Anda, jika logo Apple Inc dijual harganya bisa mencapai lebih dari 12 digit US Dollar ($). Fantastis bukan, hal ini lah yang mendorong banyak desainer grafis mematok harga tinggi untuk logo yang mereka jual.

Tapi ingat ga semua logo tersebut akan menjadi the next Apple selanjutnya. Kenapa? Karena biar bagaimana pun, logo hanyalah logo, yang akan membuat nilai logo tersebut menjadi mahal adalah keberlangsungan bisnis Anda. karena, jangan sampai ANda terburu-buru memesan logo sampai di atas 7 digit rupiah, namun Anda tidak mampu menjaga bisnis Anda tetap hidup, alias bangkrut. Bayangkan ketika Anda bangkrut ada bisnis serupa yang sukses, dan memakai logo Anda. Sakitnya tuh disini.

Untuk itu kenali beberapa tips berikut ini sebelum Anda mantap mengunakan sebuah logo.

Umur bisnis

Untuk Anda yang baru memulai bisnis yang paling penting bukan lah logo. Melainkan selling, karena selling mendatangkan uang atau cashflow. Tanpa uang bagaimana mungkin bisnis Anda bisa berjalan dengan benar. Setidaknya ciptakan banyak customer setia dan keuangan yang stabil baru lah Anda mulai melirik para desainer.

Visi dan misi

Ketika visi dan misi bisnis Anda sudah jelas, menggunakan sebuah logo dirasa sudah waktunya. Namun jika visi dan misi saja belum kenal, bagaimana logo tersebut bisa mencerminkan bisnis Anda. Jadi benahi dulu mindset bisnis Anda melalui visi (tujuan) dan misi (langkah-langkah) pada bisnis Anda.

Struktur organisasi

Ketika bisnis Anda bergabung dengan bisnis yang lebih besar, atau menjadi anak perusahaan misalnya. Maka sudah waktunya logo Anda diganti, boleh mengikuti induk perusahaan atau menyesuaikan logo ANda dengan kondisi baru. Selain itu bergabungnya lebih dari 1 bisnis juga merupakan pertanda wajib untuk mengganti logo.

Usaha baru

Ketika sebuah bisnis jadi semakin besar. Lalu mulai merambah ke berbagai cabang, maka membuat sebuah logo baru bisa menjadi solusi. Selain untuk mengenalkan ke publik juga sebagai bentuk perluasan dan penyesuaian dengan kondisi yang baru.

Perubahan jaman

Sebenarnya saya tidak menyarankan dengan kondisi yang satu ini. Karena coca-cola dan oreo tidak mengganti logomereka sejak 50 tahun lebih, namun sampai hari ini Anda tetap bisa menikmati produknya. Bisnis Anda menjadi wajib menggunakan logo baru, ketika kondisi bisnis ANda terpuruk. Sehingga logo baru akan menjadi gebrakan Anda pada pasar.

***

Mengganti logo bagi saya bukan lah perkara mudah. Karena yang paling utama bukan logonya, namun bisnis Anda terlebih dahulu yang harus hidup dan bertahan. Perkuat penjualan, marketing, pelayanan, finansial dan bidang mendasar dalam bisnis Anda. baru setelah mulai terbentuk market yang sesuai dengan bisnis Anda, maka kunci lah mereka semua ke dalam sebuah logo. Agar pelanggan selalu ingat dengan bisnis Anda. Namun dasarnya adalah mereka harus sudah cinta dengan produk Anda terlebih dahulu.

Maka mengganti atau menggunakan logo baru akan berjalan sangat mulus, semulus berkendara ditengah malam. Semoga menginspirasi Anda.

Reza Pahlevi

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *