Kontes desain masih menjanjikan apa tidak

Sebelum saya berikan penjelasan lebih lanjut, ada baiknya Anda jawab terlebih dahulu pertanyaan saya berikut ini. Agar Anda tahu dimana posisi Anda sebagai desainer grafis berada di bagian mana.

  • Apakah Anda freelance desainer?
  • Apakah Anda seller desain?
  • Atau kah desainer pemula yang masih mencari peluang bisnis desain?

Saat Anda jawab pertanyaan di atas, akan saya lanjutkan penjelasannya. Dan saya asumsikan Anda sebagai desainer yang masih pemula agar lebih mudah untuk memahami penjelasan berikut.

Sampai detik ini kontes desain masih menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar seorang desainer grafis. Terbukti dengan semakin menjamurnya situs kontes-kontes desain yang bermunculan. Dan perlu Anda tahu, desainer asal Indonesia bahkan sudah di akui oleh beberapa situs kontes desain. Salah satunya adalah 99designs, dimana Anda bisa men-translate setiap brief yang diberikan oleh Contest Holder.

Pahami dimana lahannya

Beda situs beda peraturan, beda pula orang-orang yang ada di dalamnya, baik itu desainernya atau pemilik lomba atau sayembaranya. Dengan kata lain, kita harus tahu dulu sebelum terjun ke situs-situs tersebut.

Misal, aturan pada situs 99designs tidak lah sama dengan situs freelancer. Dan orang-orang yang berada pada situs logoturnament tidak lah sama dengan orang-orang pada situs designcrowd. Jika Anda masih benar-benar pemula, mencoba terjun pada situs logoturnament adalah sebuah kesalahan. Karena aturan pada situs ini tidak pro pada desainer pemula, dan tentunya Anda akan cukup kesulitan. Atau jika Anda butuh pemasukan yang besar mencari kontes dengan nominal besar pada situs freelancer adalah sebuah kesalahan, karena hadiah kontes di situs ini memang tidak lah besar.

Pahami dimana kekuatan Anda

Tidak bisa dipungkiri logo masih menjadi primadona hampir seluruh situs kontes desain. Dan tentunya dengan hadiah yang selalu besar, jika kita hitung dengan kurs rupiah saat ini, kemungkinan Anda dapat mengantongi minimal 1 juta sampai 6 juta ke atas. dan itu hanya dari 1 buah kontes saja. menarik bukan. menang kontes 1 kali dalam 1 bulan, sudah mampu menutupi pengeluaran Anda sehari-hari. (noted : kecuali Anda orang yang boros)

Anda bisa belajar membuat logo, namun bukan berarti itu sebagai kewajiban Anda. Karena jika memang Anda tidak berbakat di logo, sedangkan ada skill desain lain yang lebih menghasilkan untuk Anda, sebaiknya jangan dipaksakan. Karena dikhawatirkan akan memecah fokus Anda, dan bukannya menambah skill justru malah menghapus skill Anda sebelumnya. Nenek bilang itu berbahaya.

Pahami aturan mainnya

Setiap situs memiliki aturan dan budaya yang berbeda. Misal pada situs 99designs, dimana Anda yang memiliki skill komunikasi yang baik bisa merayu Contest Holder untuk segera memenangkan Anda lewat fitur message. Namun, hal itu tidak bisa Anda lakukan pada situs designcrowd, karena situs ini membatasi komunikasi antara desainer dan pemilik kontes. Untuk itu Anda perlu membaca FAQ setiap situs desain, agar Anda bisa mencari celah seperti situs 99designs di atas. Dan juga mencari senior desainer yang sudah berpengalaman pada situs-situs tersebut.

Dengan memahami aturan main pada tiap situs, Anda tidak akan terlalu berharap dan tidak pula terlalu kecewa bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga Anda bisa mendesain denga lebih tenang.

Jadi, pentingnya memahami plus dan minusnya sebuah situs kontes desain akan lebih memberikan wawasan kepada Anda. sehingga Anda bisa lebih fokus pada proses desain, dan hadiah kontes yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat.

Reza Pahlevi

Check Also

Jangan pakai jasa desainer grafis sebelum punya ini

Dalam berbisnis atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan desain, perlu Anda pahami beberapa hal, terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *