Lahan basah desainer grafis

lahan basah desainer grafis

Dalam menjalani aktivitas mendesain tentu tidak akan jauh dari yang namanya mendapatkan pemasukan atau income. Karena income adalah darahnya desainer. Tanpa adanya income sebuah jasa desain akan cukup sulit bertahan.

Maka dari itu ada beberapa keahlian yang harus dimiliki atau setidaknya diketahui selain kemampuan mendesain. Yaitu kemampuan memasarkan, dan memahami pelanggan. Kedua materi ini bisa Anda pelajarai pada artikel khusus.

Untuk artikel ini saya akan lebih fokus membahas website apa-apa saja, yang menjadi lahan basah untuk para desainer menjajakan lapaknya. Baik langsung saja tidak perlu berlama-lama.

Lahan basah desainer

Dari sekian banyak lapak untuk desainer mencari nafkah, disini saya akan kelompokkan menjadi 3 besar agar Anda bisa mengenali dengan lebih baik dimana keahlian Anda bisa difokuskan untuk berkembang.

1. Kontes Desain

Dari namanya Anda sudah bisa sedikit menerka-nerka apa yang ada dibalik nama ini. Betul, kontes. Dimana setiap desainer bersaing menjadi nomor 1 dan menjadi juara. Kontes disini bukanlah seperti event tidak menentu yang mungkin sering Anda jumpai. Namun kontes yang bersifat jangka panjang. Alias dari tidak terpaku pada satu kontes saja. Namun ke banyak kontes.

Itu artinya satu orang desainer bisa mengikuti lebih dari 1 kontes. Bahkan saya pernah menjumpai desainer yang mengikuti lebih dari 10 kontes per harinya.

Apa yang menarik dari kontes desain? Tidak lain adalah hadiah kontes yang amat besar. Seorang desainer bisa mengantongi pendapatan sebesar $200 dari kemenangannya di sebuah kontes. Kontes yang diadukan cukup bervariasi. Mulai dari logo, visual branding, packaging, visual advertising, design clothing, printing dan web design. Sehingga banyaknya kategori ini akan memberikan peluang yang luas bagi seorang desainer

Apa yang tidak menyenangkan dari kontes desain? Beberapa fitur kontes yang memungkinkan sesama kontestan untuk melihat karya pesaingnya memungkinkan munculnya kasus pencurian ide. Dimana kontestan yang lain bisa saling mencontek karya pesaingnya, bahkan di menit-menit terakhir. Dan sistem gugur ini juga dinilai sebagian desainer yang lebih senior sebagai hal yang kurang baik, karena memeras ide dan tenaga dari desainer.

Apa kesimpulan tentang kontes desain? Yang harus kita sadari sebagai desainer, yang namanya kontes adalah kontes. Sebagaimana kontes atau turnamen akan selalu ada sistem gugur dimana yang paling terbaiklah yang akan menang. Adalah bijak jika kita memahami bahwa ada hukum kalah dan menang, dalam sebuah kompetisi. Dan adapun tenaga dan ide yang dikorbankan, menurut saya setimpal untuk hadiah yang terbilang besar.

2. Jasa desain

Apa yang menarik dari jasa desain? Tentu saja bayarannya, bisa bervariasi tergantung seberapa banyak jasa yang bisa Anda tawarkan. Sebut saja jika ANda bisa menjual jasa desain logo, ilustrasi dan lain-lain. Tentu Anda bisa memiliki banyak peluang masuknya pendapatan jauh lebih besar. Bayaran bisa Anda terima mulai dari $5 sampai tidak terhingga.

Apa yang tidak menyenangkan dari jasa desain? Sebagaimana perdagangan, kendala jasa desain adalah bagaimana Anda meyakinkan pembeli untuk membeli jasa Anda dan bukan mampir ke yang lain. Dan tidak jarang pula karena minimnya pengetahuan desainer tentang bagaimana cara melayani atau komunikasi yang baik, justru berujung pada kondisi yang sering digemborkan yaitu pembeli PHP. Bisa jadi karena lemahnya kemampuan kita menangani calon pembeli. Atau memang calon pembeli punya maksud tertentu.

Apa kesimpulan tentang jasa desain? Jasa desain lebih serupa dengan dunia jual-beli pada umumnya. Pemahaman mengenai pelanggan akan sangat berguna. Sistem persaingan juga terlihat jelas, penjual jasa yang kredibel dan memiliki track record yang jelas tentu lebih menarik perhatian para pembeli. Dibandingkan penjual jasa yang baru saja bergabung. Semua ada prosesnya, dan ada baiknya kita bijak dalam memahami proses ini.

3. Jual karya desain

Apa yang menarik dari jual karya desain? Pajang sekali laku berkali-kali. Sistem penjualan yang bisa lkua tak berhingga ini memberikan peluang yang luas. Faktor kali menjadi kunci sukses disni, semakin banyak desain yang laku dengan jumlah download yang banyak, akan memberikan pendapatan yang juga besar. Yang dijual umumnya foto, ilustrasi atau video. Namun di beberapa situs besar merambah sampai ke coding, dan audio

Apa yang tidak menyenangkan dari jual karya desain? Apa bila produk yang kita buat tidak diminati atau tidak dibutuhkan pembeli maka produk Anda hanya akan menjadi beban server saja. Meski tidak menutup kemungkinan akan laku suatu saat nanti entah kapan itu. Sistem pendapatan relatif paling rendah, mulai daro $0,1. Maka dari itu faktor kali adalah penentunya. Dan sebagaimana proses bisnis selalu ada masa-masa sulitnya.

Apa kesimpulan tentang jual karya desain? Menjual karya desain bisa menjadi solusi desainer yang ingin fokus ke bidang desain lainnya. Karena desainer hanya perlu memikirkan produksi karya desain, tanpa harus dipusingkan dengan pemasaran dan melayani pelanggan. Semua sudah ditangani oleh web, dan baiknya tetap berusaha menciptakan karya yang dibutuhkan pembeli, karena akan selalu ada masa-masa sulit.

Begitulan penjelasan saya. Semoga anda termotivasi untuk bergerak mencoba sendiri.

Reza Pahlevi

Check Also

Jangan pakai jasa desainer grafis sebelum punya ini

Dalam berbisnis atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan desain, perlu Anda pahami beberapa hal, terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *