Mencari warna yang pas untuk logo bisnis Anda

mencari warna yang pas untuk logo bisnis Anda

Setelah Anda baca artikel sebelumnya yang membahas tentang kapan harus membuat atau mengganti logo bisnis Anda. Kali ini saya akan bahas tentang bagaimana kah menggambarkan kepribadian bisnis Anda ke dalam simbol warna yang tepat bagi logo Anda.

Percaya atau tidak didalam pikiran kita beberapa warna memiliki arti yang sangat mendalam. Secara psikologis warna tertentu akan mendorong sesorang untuk merasa kan emosi tertentu. Nah, pemilihan warna yang tepat pada logo bisnis Anda akan memberikan perubahan yang signifikan pada bisnis Anda.

Namun perlu diingat, bisnis Anda harus sudah jalan terlebih dahulu. Kenapa? Karena jika Anda memang tidak kuat bisnisnya warna ini justru malah menjadi beban pikiran pada bisnis Anda. tidak masalah jika memang Anda suka dengan tantangan. Namun, sekali lagi saran saya adalah warna urutan ke dua setelah bisnis Anda berjalan.

Ilustrasi

Misalnya Anda adalah sebuah pemilik usaha kuliner. Produk yang Anda jual fokus kepada para penikmat kuliner sehat atau organik. Dengan rentang usia konsumen 18-50 tahun. Dan bisnis Anda memiliki ciri khas pada makanan olahan sayur dibandingkan daging. Dari uraian singkat ini sudah bisa sedikit tergambar warna apakah yang cocok untuk logo usaha Anda. Warna yang cocok adalah hijau seperti daun. Lho, kenapa hijau? Bukannya merah, merah kan untuk usaha kuliner, mendorong nafsu makan. Jawaban ini tidak salah, tapi ketika bisnis sudah berjalan akan jauh lebih mudah menentukan warna. Dibandingkan menentukan warna, lalu memaksakan bisnis agar sesuai dengan filosofi warna tersebut.

Dibawah ini warna yang bisa Anda pakai untuk mencocokkan, seperti apakah kondisi bisnis Anda saat ini. Sehingga pembuatan logo akan lebih mudah dan singkat.

Merah

Dorongan, semangat, nafsu, gairah, keberanian dan aksi.

Cocok sekali untuk bisnis Anda yang mengedepankan perubahan atau aksi. Yang memberikan kesan bahwa pelanggan Anda akan jadi seseorang yang begitu bersemangat saat menggunkan layanan atau produk Anda. Contoh logo bisnis yang identik dengan merah seperti Marlborro, Coca-cola, Honda dll.

Orange atau jingga

Kesenangan, kebahagiaan, antusias, kreatifitas, dan nafsu makan.

Selain merah orange juga mampu memberikan nuansa nafsu makan, meski tidak sekuat warna merah. Namun orange sangat erat kaitannya dengan kreatifitas atau inovasi dan hal yang menyenangkan. Misal untuk bisnis Anda yang bergerak dengan mengedepankan inovasi dan kreatifitas, warna orange sangatlah cocok. Contoh Amazon, Blogger, Fanta, Soundcloud, Firefox, Nickelodeon.

Kuning

Kebahagian, penasaran, senang, perhatian, optimis, keceriaan dan hangat.

Hampir tak terlalu jauh dengan orange, warna kuning biasanya akan dipadukan dengan warna lain untuk membangkitkan emosi yang tersimpan menjadi tampak dan semakin kuat. Cocok bagi bisnis yang mengedepankan keceriaan, dan optimis. Contoh McDonalds, Yellowpages, Cevrolet, Caterpillar.

Hijau

Alami, kesegaran, kehidupan dan organik.

Selain arti yang erat dengan alam. Warna hijau juga bisa menggambarkan pertumbuhan yang terus berkembang. Meskipun produk yang ditawarkan bukan lah produk yang berasal dari alam, seperti logo Android, BP, Spotify. Contoh penggunaan warna hijau Sprite, Carlsberg, Starbucks, Greenpeace.

Biru

Profesionalitas, kesegaran, ketenangan, serius dan keyakinan.

Biru akan memberikan nuansa ketenangan, kesegaran, keyakinan. Hal ini lah contoh emosi yang dimunculkan oleh beberapa perusahan dalam menggambarkan bisnis mereka yang memang serius, dan mampu meyakinkan pelanggannya. Contoh Aqua, HP, Facebook dll

Ungu

Glamor, feminim, kecantikan dan keunikan.

Umumnya penggunaan warna ini sangat didominasi oleh bisnis yang cukup erat dengan kecantikan. Namun sisi unik dari ungu bisa dipakai tidak hanya untuk bisnis yang fokus pada wanita dan kecantikan. Contoh pengguna logo dengan warna unggu Yahoo, Tacobell, Cadburry, Fedex dll.

Coklat

Kesederhanaan, klasik, dan kenyamanan.

Jika bisnis Anda memiliki bisnis yang cukup erat dengan nuansa masa lalu atau klasik, warna coklat lah yang cocok Anda pakai. Selain itu sisi kenyamanan yang ditonjolkan juga bisa memberikan emosi tersendiri pada pelanggan Anda. Contoh logo berwarna coklat UPS, Nescafe, LUX.

Hitam

Elegan, misteri, kekuatan, dan kemewahan.

Warna ini sering diidentikkan dengan kesederhanaan. Tidak banyak bicara, to the point, yang menjadi sumber kekuatan warna ini. Warna ini pun kerap menjadi wara yang sering dipakai oleh perusahaan yang bergerak di bidang olah raga. Contoh Nike, Adidas, WWF, Gucci.

Putih

Kemurnian, kebersihan, suci dan keindahan

Umumnya pengguna warna ini adalah bisnis yang bergerak pada bidang yang bernuansa estetis tinggi, atau memiliki kecantikan dan keindahan. Dan emosi inilah yang dipakai oleh sebagian perusahaan otomotif dunia. Contoh pengguna warna putih, Swarovsky, Apple, Audy, Lexus, Mercedesbenz dll

***

Setelah Anda baca penjelasan di atas, saya yakin Anda menjadi bersemangat untuk mencari warna apa yang tepat untuk menggambarkan kondisi dan kepribadian dari bisnis Anda. namun, sekali lagi saya ingatkan untuk fokus lah membangun bisnis Anda terlebih dahulu, yakin kan konsumen Anda. Dan apabila saatnya tiba, kuncilah kesetiaan pelanggan Anda dengan warna dan logo yang selalu mereka ingat selalu.

Semoga tulisan ini membantu Anda.

Reza Pahlevi

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *