Menjadi solo desainer

menjadi solo desainer

Pernahkah Anda berfikir untuk terjun dalam dunia desain grafis secara totalitas? Dan seringnya kita bingung harus memulai dari mana. Tenang saja itu wajar, semua orang juga mengalami fase-fase pencarian jalan yang sama. Pada bahasan ini saya akan menjelaskan soal profesi menjadi seorang solo desainer menurut pandangan saya.

Apa sih yang di maksud solo? Anda mungkin akan menjawab sebagai nama sebuah kota di pulau jawa. Solo yang saya maksud di sini adalah sendiri, dan solo desainer adalah desainer yang hidup menyendiri. Kesannya kesepian yah, hahaha.

Perlu teman-teman ketahui, banyak sekali desainer yang bisa mendapatkan penghasilan besar melalui profesinya itu, meskipun hanya seorang diri. Mendengar berita seperti itu tentu menjadi pemicu menjamurnya profesi desainer grafis beberapa tahun kebelakang ini. Dan Anda pun pasti sudah merasakan hal ini, dimana-mana banyak sekali desainer-desainer grafis yang bermunculan.

3 Starterkit untuk Solo Desainer pemula

Berikut ini akan saya jelaskan 3 hal yang teman-teman wajib miliki ketika ingin terjun ke dalam dunia desain seorang diri.

Keyakinan

Menjadi solo desainer bukan hanya perkara dapat penghasilan dollar yang melimpah, tapi soal keyakinan. Berapa banyak desainer yang tidak yakin dengan pilihannya menjadi seorang desainer grafis, hanya gara-gara tidak langsung mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Dan kebanyakan dari mereka terkompori oleh earning (pendapatan) dari senior desain tanpa tahu cerita dibalik itu.

Karena mendapatkan dollar hanyalah sebuah bonus dari usaha dan jerih payah tanpa henti. Dan usaha sekeras apapun tidak akan bisa bertahan jika tidak dilandasi dengan sebuah keyakinan yang kuat. Jadi bisa disimpulkan, pertama Anda harus yakin dulu, apapun yang terjadi itu hanyalah proses untuk menguji keyakinan Anda terhadap profesi desain grafis.

Software dan Perangkat Pendukung

Saya tidak akan bilang software sebagai hal utama, tapi memiliki software desain itu juga hal yang gak kalah penting. Karena software lah jembatan seorang desainer dengan hasil karya mereka. Namun memiliki software desain bukan lah perkara mudah.

Kok gitu mas? Ya, karena anjloknya mata uang kita atas negara-negara lain, tentu berimbas pada melonjaknya harga jual software desain yang umumnya dikembangkan oleh negara-negara maju. Dan hal tersebut mendorong terjadinya pembajakan software.

Saya tidak melarang secara mutlak, namun juga tidak mendukung penggunaan software bajakan dalam waktu yang lama. Terlebih ketika seorang desainer sudah memiliki penghasilan untuk membeli software tersebut. Meski begitu status penggunaannya tetap lah terlarang sebelum dibeli. Dan hal paling miris dan menyedihkan bagi saya adalah menemukan desainer yang bangga menggunakan software bajakan.

Dan sesuaikan perangkat yang Anda miliki dengan softwarenya.

Kemampuan Desain

Setelah Anda memiliki keyakinan dan juga perangkat desain seperti software dan hardware. Maka hal selanjutnya yang harus Anda miliki adalah kemampuan mendesain. Akan jadi nilai tambah jika Anda gemar menggambar sebelumnya. Karena hanya tinggal menyesuaikan dengan perangkat digital.

Saat ini belajar desain sudah sangat mudah, kita bisa mencari tutorial dengan antuan internet. Mulai dari yang gratisan, sampai ke yang berbayar. Dan tentu saja dengan kualitas yang berbeda-beda. Menguasai skill yang tepat akan menentukan bagaimana style Anda kedepannya, so jangan salah pilih guys. Pilih yang kamu banget, dan jangan jadi desainer omnivore (semuanya dimakan).

Untuk tutorial desain yang gratis Anda bisa pelajari di youtube, web tutorial (tut+, dzofar, dll). Dan yang berbayar Anda bisa pelajari di learningly, skillshare, udemy dll.

Jadi, itulah yang wajib Anda kuasai sebagai pemula. Semoga terbantu dan bermanfaat untuk Anda.

Salam kreatif.

Check Also

Jangan pakai jasa desainer grafis sebelum punya ini

Dalam berbisnis atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan desain, perlu Anda pahami beberapa hal, terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *