Metode pemasaran pada bisnis garmen

metode pemasaran pada bisnis garmen

Banyak pelaku bisnis tak terkecuali garmen lupa akan hal ini. Apakah itu? Yaitu bagian pemasaran. Seringnya seperti ini, pelaku bisnis fokus memproduksi pakaian secara masal tanpa pernah memasarkan produknya terlebih dahulu. Atau setidaknya membuat sebuah rencana pemasaran untuk produk yang sedang dibuat atau diproduksi.

Di bawah ini beberapa metode yang bisa Anda pakai untuk menambah strategi pemasaran produk garmen atau konveksi Anda.

Promosi sosial media

Metode ini yang cukup banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Mulai dari industri rumahan bahkan sampai yang sekelas pabrik. Mempromosikan produk pakaian lewat sosial media sudah menjadi strategi yang banyak dilakukan. Karena di sosial media, banyak sekali orang-orang yang berkumpul. Dan tentunya kerumunan orang ini memiliki potensi besar dalam menaikkan penjualan produk pakaian, seandainya para pelaku bisa menemukan sebuah benang merah.

Metode yang biasa dilakukan oleh mereka sangat bervariasi. Mulai dari terang-terangan bahkan sampai yang sembunyi-sembunyi. Atau dari yang banting harga sampai ke harga yang tak bisa ditawar. Dan anehnya semua itu laku. Jadi metode ini bisa Anda pakai. Kelebihan lain, Anda tidak harus keluar uang dalam berpromosi. Dan apa bila Anda ingin meningkatkan promosi, Anda pun bisa memanfaatkan fitur iklan yang memang disediakan oleh sosial media tersebut.

Endorsemen

Beberapa pelaku bisnis yang jeli dalam melihat peluang bisnis adalah dengan menggunakan jasa endorse. Fenomena menjamurnya sosial media di kalangan masyarakat beberapa tahun kebelakang, bahkan sampai public figure pun juga menggunaannya menyuburkan metode ini. Mereka yang mampu menarik banyak sekali massa di akun sosial media mereka, memiliki potensi untuk endorse yang baik bagi para pebisnis. Tak terkecuali para pebisnis garmen atau konveksi.

Dalam memilih endorser (sebutan bagi pelaku endorse) sebaiknya penisnis wajib melihat siapa massa yang berada dibelakang setiap endorser. Misalnya seorang endorser berprofesi sebagai atlit sepak bola, kemungkinan besar massa yang mengikutiya adalah para penikmat olahraga. Dan promosi yang tepat adalah yang berhubungan dengan aktifitas so endorser, misal dengan memberikan sample pakaian yang bisa dipakai sang endorser latihan. Tentu akan jauh lebih efektif. Bila dibandingkan dengan pakaian formal seperti jas, yang jarang dipakai endorser kecuali dalam jumpa pers. Paham.

Iklan promosi

Menjemput bola bisa Anda lakukan dengan menggunakan iklan. Semakin sering Anda mengajak calon konsumen Anda melalui iklan yang menarik, tentu dampaknya akan baik pada bisnis Anda. iklan pun bisa melalui berbagai macam media. Seperti televisi, media cetak Koran atau majalah, radio bahkan pada sosial media. Semua itu bisa dilakukan, selama Anda fokus dengan kategori pasar yang Anda bidik, dan kesesuaianya dengan produk yang sedang Anda tawarkan itu.

Cara lain dari promosi iklan ini adalah dengan menggunakan mercendise yang disukai oleh konsumen Anda. Buatkan mersendise yang menarik dan membuat konsumen merasa senang menggunakannnya. Sehingga secara tidak langsung mereka akan mempromosikan kembali produk Anda setiap harinya lewat mercendise yang Anda hadiahkan. Menarik bukan.

Sponsorship

Banyak sekali acara-acara yang membutuhkan sokongan dana dalam melangsungkan acara yang sedang direncanakan. Cara ini bisa menjadi salah satu metode promosi yang efektif, apa lagi jika tamu-tamu yang diundang adalah kategori pasar yang Anda cari. Melewatkan kesempatan emas ini mungkin bisa menjadi hal yang buruk.

Produk Anda bisa menjadi hadiah pada acara tersebut. Logo perusahaan Anda dicetak dalam spanduk atau tiket acara. Tentunya hal ini memiliki potensi yang sangat baik bagi bisnis garmen atau konveksi Anda bukan.

***

Kesimpulan

Metode apapun yang Anda pakai nantinya, tidak lah menjadi permasalahan. Selama ANda tahu siapa calon pembeli Anda. maka Anda bisa memaksimalkan semua metode di atas untuk menngkatkan bisnis yang sedang Anda jalani. Jadi maksimalkan potensi promosi Anda.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Reza Pahlevi

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *