Tips membangun bisnis garmen

tips membangun bisnis garmen

Saya akan berikan skema atau gambaran singkat bagaimana Anda bisa membangun bisnis garmen Anda sendiri. Yang akan sayasampaikan bukanlah hal baku dalam bisnis, namun bisa menjadi pegangan Anda dalam membangun serta menjalankan bisnis garmen atau konveksi Anda nantinya.

Berikut ini beberapa step yang bisa Anda ikuti. Terutama bagi Anda yang ingin berbisnis garmen rumahan.

Fokus pada kategori pasar

Jika Anda lihat, umumnya pasar grosir pakaian memproduksi hampir berbagaimacam pakaian. Yang bisa dibeli dan dipergunakan oleh siapa saja.saat Anda baru memulai, sebaiknya Anda tidak melihat berbagai macam kategori. Namun wajib untuk fokus pada salah satunya saja.

Misalnya jika Anda ingin membuat sebuah garmen, dengan anak-anak sebagai penggunanya. Maka Anda harus fokus membuat pakaian yang bisa dipakai oleh anak-anak. Sebelum pakaian anak yang Anda produksi ini membuahkan hasil, jangan tergiur untuk menciptakan pakaian baru. Apa lagi menambah kategori baru, karena akan membuat Anda tidak fokus dalam membangun bisnis pakaian anak-anak Anda tersebut.

Bekerja sama dengan toko baju

Salah satu cara yang bisa Anda pakai saat membangun pabrik Anda sendiri nantinya adalah bekerja sama dengan rantai produksi. Anda bisa menitipkan pakaian yang sudah Anda buat kepada toko-toko baju. Anda hanya fokus untuk memperbanyak jumlah produksinya saja. Salah satu tempat yang bisa Anda titipkan seperti distro atau butik.

Dari sini lah nantinya masyarakat mulai mengenal pakaian yang Anda buat, dan tentunya Anda bisa membuat pakaian yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. keuntungan lainnya promosi akan ditangani sepenuhnya oleh toko, Anda tidak perlu pusing memikirkan pemasarannya.

Makelar atau maklun

Metode lainnya sebelum Anda nantinya mampu membuat produk sendiri atau menciptakan pabrik garmen. Anda bisa mulai dengan menjadi makelar, dengan menawarkan jasa konveksi kepada siapa saja yang membutuhkan kebutuhan pakaian konveksi. Datang ke kantor, atau industry yang butuh pakaian garmen. Metode ini sangat-sangat bebas biaya, apa lagi modal. Dan kalau pun ada, hanyalah kemampuan Anda dalam memasarkan. Itulah mengapa ilmu pemasaran atau marketing menjadi sangat berhasil beberapa tahun ini.

Kelebihan metode ini Anda bisa menjual produk garmen apa saja. Dan tentunya kepada siapa saja. Berbekal dari ilmu makelar ini, Anda bisa mengetahui produk garmen apa yang paling banyak peminatnya. Lalu membuat serta menciptakan produk Anda sendiri. Lalu menjualnya kepada onsumen yang biasa Anda tangani tersebut.

Buatlah pabrik

Untuk skala yang sangat kecil seperti rumahan, memang bisa menjadikan rumah sebagai dapur produksi. Namun seiring berkembangnya bisnis Anda, maka jika Anda tetap memaksakan rumah sebagai dapur produksi Anda. Tentunya akan mengganggu kelangsungan hidup keluarga Anda. Karenanya Anda perlu memikirkan sebuah tempat sebagai rumah produksi bisnis garmen Anda nantinya. Agar tidak tercampur dengan kehidupan keluarga, maka sebaiknya dipisah.

***

Setelah bisnis Anda menunjukkan hasil yang bertumbuh. Sangat perlu Anda jaga dengan menambah keilmuan Anda mengenai bisnis. Karena apabila Anda tidak cakap dalam mengelola bisnis, cepat atau lambat bisnis Anda bisa segera gulung tikar. Dan tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi bukan.

Itulah mengapa Anda perlu menambah keilmuan Anda dalam bidang bisnis, sedikit demi sedikit. Karena bisnis Anda sangat bergantung dengan keputusan Anda.

Sampai kapan Anda menambah ilmu bisnis? Sebenarnya tidak ada batas waktu dalam belajar, namun Anda bisa istirahat sejenak, ketika bisnis Anda sudah otomatis atau autopilot. Alias sudah ada orang yang menjalankan bisnis Anda, dan Anda cukup mengawasinya dari jauh sambil jalan-jalan.

Reza Pahlevi

Check Also

Cara meningkatkan penjualan di Instagram

Anda bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan di instagram? Simak penjelasan saya di bawah ini. Zaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *